Selasa, 12 Juni 2012

Manfaat Posyandu


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIu8u9CmdrrA0bHcGjCvTkOvVwy5YoczNEw-0PcXBHEyarSjiz0s3Up0LiD3SeEzUJR0y6M-z3-QtlGf-oODS6uIgbjLr3AhVbgmHrnzfK66MC8KsOnXsoHm0Ql_WgIolNpcWgMF3q4dhP/s1600/posyandu+mekarsari+%252862%2529.JPGPada tingkat desa upaya peningkatan, pencegahan, penyembuhan, dan pemulihan kesehatan dilakukan secara menyeluruh dan terpadu melalui posyandu (Pos Pelayanan Terpadu). Penyelenggaraan posyandu dilakukan oleh kader yang telatih di bidang KB, Kesehatan bersama PKK, tokoh masyarakat, pemuda, dan lain – lain dengan bimbingan tim Pembina LKMD tingkat kecamatan.

Posyandu sebaiknya berada di tempat yang mudah didatangi oleh masyarakat untuk memudahkan pelayanan. Posyandu dapat melayani masyaakat terutama ibu hamil, bayi dan balita, dan pasangan usia subur (POS). Posyandu mempunyai 5 program pelayanan yaitu, KB, KIA, GIZI, Imunisasi, pencegahan dan penanggulangan diare.

Pada hari ini saya akan membagikan artikel tentang manfaat Posyandu, saya mendapatkan info ini dari sepupu sayang yang saat ini masih menjadi mahasiswa.

Beberapa Manfaat Posyandu antara lain :


1. Bagi anak remaja mereka dapat mengetahui bahwa usia perkawinan untuk wanita minimal 20 tahun seangkan laki – laki 25 tahun.


2. Bagi pasangan usia subur mereka dapat mengatur jark kelahiran anak pertama, kedua, dan selanjutnya yaitu 5 tahun, dan untuk mengatur jarak kelahiran mereka dapat menggunakan alat KB yang cocok. Di samping itu mereka dapat mengetahui usia melahirkan yang baik yaitu di bawah 30 tahun untuk mengurangi resiko tinggi kelahiran.


3. Orang tua / Ibu dapat mengetahui manfaat KB yaitu, dapt meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesejahteraan keluargan.


4. Bagi ibu yang mempunyai Bayi / Balita mereka dapat mengetahui manfaat ASI, manfaat Imunisasi, mengatur makanan / Gizi Bayi / Balita, mengetahui cara merawat bayi / balita serta dapat mencegah dan menanggulangi Diare.


5. Bagi Ibu hamil mereka dapat mengetahui perkembangan kehamilannya seperti berat badan, kondisi janin, tekanan darah, serta mendapat penanganan khusus bila ada masalah tentang kehamilannya untuk mengurangi resiko tinggi saat melahirkan.

2 komentar:

Obat Tipes mengatakan...

Posyandu emang bermanfaat dan sangat membantu banget, terutama untuk masyarakat kecil..

Anonim mengatakan...

kak minta tolong donk kirimin artikel pengetahuan ibu hamil tentang manfaat posyandu
makasih

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Goresan Hidup - All Rights Reserved Ncofies_Room's